Info Sekolah
Senin, 23 Mei 2022
  • Tanggal 23 Mei - 3 Juni 2022 Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2021-2022 Tanggal 24-25 Mei 2022 Pelaksanaan OSN-K 2022

Figur Guru Bahasa inggris Yang Komunikatif

Diterbitkan :

FIGUR GURU BAHASA INGGRIS YANG KOMUNIKATIF

Kehadiran seorang guru bahasa Inggeis merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pembelajaran. Karena pembelajaean kurang efektif ketika guru tidak dapat mengajar dengan komunikatif. Oleh karena itu, pembelajaran yang efektif sangat di pengaruhi oleh karakter guru yang komunikatif. Terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris, dimana bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib bagi siswa tingkat SMP dan SMA. Selain itu, bahasa Inggris juga merupakan bahasa Internasional, yang tentunya akan dibutuhkan baik untuk keperluan dalam pendidikan maupun diluar pendidikan. Menurut Dincer, Goksu, Takkac, and Yazici (2013) karakter guru bahasa Inggris yang efektif terdapat empat macam, yaitu socio-affective skill, pedagogical knowledge, subject matter knowledge, dan personality characteristic.

Socio-affective skill mempunyai arti bahwa guru bahasa Inggris yang efektif harus mempunyai interaksi/ hubungan yang baik dengan semua siswanya. Guru juga harus mampu membangun motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris dengan senang dan nyaman dikelas. Guru yang mempunyai interaksi yang baik dengan siswanya dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan juga bisa menghindarkan siswa dari situasi negatif seperti misalnya kecemasan dalam belajar dan juga rasa takut dalam belajar bahasa Inggris. Guru bahasa Inggris yang efektif juga harus mampu meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Siswa juga akan lebih mudah dalam menyerap materi ketika mereka mempunyai motivasi dalam belajar dan mempunyai hubungan yang bagus dengan gurunya.

Karakter guru bahasa Inggris yang kedua yaitu pedagogical knowledge. Dalam pedagogical knowledge, guru bahasa Inggris yang efektif harus mempunyai teknik pengajaran yang efektif, baik dari segi persiapan sebelum mengajar, metode pengajaran, strategi pembelajaran, implementasi dalam mengajar, dan juga cara menguji siswa dalam test. Persiapan guru dalam mengajar bisa berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maupun bahan ajar yang diperlukan. Jadi guru harus mempersiapkan materi dan aktivitas agar pembelajaran bisa berlangsung dengan efektif. Sedangkan dalam segi metode, strategi, pengimplementasian dalam mengajar, dan menguji siswa, guru biasanya mempunyai cara yang berbeda-beda. Dalam pedagogical knowledge juga bisa diartikan dengan cara guru dalam menyelesaikan masalah dikelas dan cara guru mengatur managemen kelas. Seperti misalnya guru harus bisa menentukan ketua kelas dan semua perangkatnya. Walaupun ketua kelas dipilih dengan cara voting dari semua siswa, tetapi guru lah yang harus menkoordinasikan agar berjalan dengan lancar.

Karakter guru bahasa Inggris yang efektif selanjutnya yaitu subject matter knowledge. Subject matter knowledge bisa diartikan bahwa guru bahasa Inggris harus memiliki pengetahuan yang cukup luas. Terutama pengetahuan dari mata pelajaran bahasa Inggris. Seperti misalnya menguasai grammar dan materi sesuai jenjang yang akan diajarkan. Selain itu, dalam mengajar bahasa Inggris guru juga setidaknya mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, jadi guru bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan siswanya walaupun hanya sedikit untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pada siswanya. Dalam subject matter knowledge guru juga harus mampu mempersiapkan spesifik materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran dan materi ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran. Materi ajar bisa berupa penggunaan power point, ataupun bisa juga menggunakan lagu, film, video, maupun buku yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan oleh guru.

Yang terakhir yaitu karakter dari personality characteritics (Karakter Pribadi). Selain mempunyai pengetahuan yang memadai, guru bahasa Inggris yang efektif juga harus mempunyai karakter pribadi yang komunikative. Karakter pribadi yang komunikative juga sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran. Sebagai manusia biasa, tentunya karakter pribadi guru juga akan terbawa saat mengajar dikelas dan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Karakter pribadi bisa berupa kreativitas, karena ketika guru bahasa Inggris mempunyai kreativitas yang tinggi, tentunya siswa akan lebih tertarik dalam belajar dan akan lebih mudah dalam menyerap materi. Selain itu karakter pribadi guru yang baik bisa juga diartikan dengan kepribadian yang baik, bertanggung jawab, profesional, berfikir positif, sabar, fleksibel, lucu, peduli dengan siswanya, antusias dalam mengajar, dan kemampuan bekerja dalam tim. Jika guru bahasa Inggris mempunyai karakter pribadi yang komunikative seperti yang sudah disebutkan diatas, hal ini bisa meningkatkan kepercayaan dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris.

Untuk menciptakan pembelajaran bahasa Inggris yang efektif, guru harus mempunyai karakter guru bahasa Inggris yang komunikatif sesuai dengan yang disebutkan diatas. Guru juga harus mempunyai karakter yang seimbang baik dari socio-affective skill, pedagogical knowledge, subject matter knowledge, dan juga personality characteristic.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

penulis
minda

Tulisan Lainnya

Oleh : minda

Astronomi

Oleh : minda

masagus.net

Oleh : minda

Selowtekno.com